24 April 2008

Cafu Masih Ingin Main

Dalam sepakbola, pemain berusia di atas 35 tahun dapat dipastikan mendapat sebutan: pemain “veteran” atau pemain “gaek”. Hanya sedikit pemain yang mampu menjaga performa di lapangan pada umur di atas 35 tahun. Biasanya, pemain yang masih mampu berprestasi dan menampilkan permainan terbaiknya pada usia senja adalah pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang.

Meski demikian bukan berarti pemain gaek tidak dapat memberi prestasi apa-apa bagi timnya. Terdapat beberapa perkecualian seperti Paolo Maldini yang sudah berusia 39 tahun. Usia yang semestinya sudah membuat si pemain pensiun, namun nyatanya sampai sekarang Maldini masih aktif di lapangan hijau. Mungkin, baru musim ini Maldini akan pensiun sebagai pemain (Baca: Maldini Tutup Karir?).

Entah terinspirasi Maldini atau bukan, ternyata rekan Maldini di Milan, Cafu, juga masih belum memikirkan gantung sepatu. Cafu yang sudah berusia 37 tahun ini mengakui kalau dirinya belum ingin pensiun dalam waktu dekat. “Saya masih belum bisa memutuskan apa yang akan saya lakukan dan masih ada waktu sebulan lagi sebelum musim ini berakhir, namun saya tidak berpikir kalau saya akan pensiun,” kata Cafu seperti dilansir channel 4.

Cafu menyatakan bahwa dirinya masih punya motivasi tinggi, dan faktor usia tidak membuat ia kehilangan motivasi untuk bermain. Cafu menjelaskan “Saya masih termotivasi. Ketika saya menghuni bangku cadangan, rasanya sangat buruk. Saya masih punya hasrat untuk membuktikan saya dapat berkompromi dengan sepakbola, meski kini sudah berusia 37 tahun.” Pernyataan Cafu ini sekaligus membantah ucapan Silvio Berlusconi yang mengatakan bahwa ia (dan Maldini) akan pensiun di akhir musim (Baca: Milan Tetap Dipimpin Berlusconi).

Seiring dengan cederanya Massimo Oddo, Cafu akan memperoleh kesempatan bermain lebih banyak di akhir musim ini. Ia juga berharap agar Milan dapat mengakhiri kompetisi dengan menempati peringkat keempat, demi selembar tiket kualifikasi Liga Champions.

“Kami akan berusaha untuk mencapainya (peringkat keempat) walau bagaimanapun caranya. Masih tersisa empat pertandingan lagi, dan kita harus berusaha semaksimal mungkin, jika ternyata tim lain juga mendapat hasil yang baik dan mampu menempati posisi di atas kita, yang dapat kita lakukan hanyalah mengangkat topi untuk mereka,” tuturnya sportif.

*) sumber : liputanbola

No comments:

Post a Comment