18 March 2008

Mulai Sentuh Teknik

MALANG – 18/03/08. Pelatih Bambang ‘Banur’ Nurdiansah memenuhi janjinya dengan mulai menuangkan program inti latihan sejak memasuki pekan ini. Janji itu dibuktikan mantan pelatih Timnas U-23 ini diawali dengan program latihan full game di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, sore kemarin.

Banur mendesain menu latihan itu dalam game berdurasi 3x15 menit dengan lapangan penuh. Seluruh pemain yang hadir dalam latihan, baik berstatus resmi dan seleksi mendapat kesempatan bermain.

Banur sendiri juga tampak mulai mencoba menyusun kerangka the eleven winning dengan kerap mengacak komposisi pemain. Pelatih asal Jalan Kelud ini mengaku, pihaknya memang mulai menuangkan rangkaian program taktik-strategi permainan untuk para pemain i Arema. Utamanya, permainan yang bakal diterapkannya di skuad berjuluk Singo Edan musim ini. Diantaranya, adalah penerapan variasi strategi-taktik dalam skema modern, pertahanan datar empat defender.

‘’Mulai hari ini (kemarin, Red), saya membiasakan pemain dengan program latihan strategi-taktik. Bahkan saat meeting dengan pemain di mes, tadi pagi (kemarin pagi, Red.), saya mensosialisasikan bagaimana strategi-taktik permainan yang akan diterapkan Arema di Superliga,’’ ujar Banur kepada wartawan seusai latihan.

Sebelum ke lapangan, Banur menuangkan variasi strategi-taktik permainan yang akan diterapkan Arema musim ini, dalam diskusi di mes Arema, jam 10.00 WIB.
Rangkaian menu latihan itu sudah disusun pelatih yang hobi balapan ini dan tersimpan di laptop. Walhasil, dia hanya tinggal menyampaikannya melalui in-focus dengan big screen.

Sedangkan, saat giliran di lapangan, para pemain diberi kesempatan menerapkan rangkaian strategi-taktik permainan itu. Diantaranya, permainan cepat satu dua sentuhan dan mengandalkan lebar lapangan dalam membagun serangan. Meski demikian, Banur tetap mendampingi pemainnya dalam latihan. Tidak jarang, dia juga tampak beberapa kali menghentikan game saat hendak memberikan wejangan.

‘’Cukup maksimal latihan hari ini. Meski anak-anak baru kali pertama menerapkan latihan strategi dan taktik dalam latihan resmi Arema,” tambah Banur (mpost)

No comments:

Post a Comment