04 June 2008

MIlan Calon Baru Ke Champions League

MILAN - Kabar gembira untuk semua Milanisti di manapun berada. Juara dunia itu kemungkinan akan diberi kesempatan berlaga di Liga Champions musim depan. Milan akan menggantikan posisi klub Bulgaria, CSKA Sofia yang mengalami kesulitan keuangan. Kesempatan makin terbuka setelah FC Porto dilarang tampil di Eropa selama satu tahun akibat skandal penyuapan.

Federasi sepak bola Bulgaria atau BFU akan mengambil keputusan larangan bermain di Eropa bagi CSKA menyusul penolakan Liga Bulgaria terhadap lisensi bermain atas tim juara A Grupa tersebut. Sesuai prosedur resmi, BFU seharusnya mengirim runner-up Liga Bulgaria, Levski Sofia untuk menggantikan CSKA ke Liga Champions. Namun, berdasarkan daftar ranking klub yang dikeluarkan UEFA, Levski belum mencukupi untuk turun di Eropa. Milan merupakan klub berpeluang paling besar untuk menggantikannya karena musim ini i Rossonerri menduduki ranking kedua di bawah Chelsea.

Sementara itu, UEFA memberikan sanksi larangan bermain kepada juara BWin Liga Portugal, FC Porto. Larangan itu diberikan setelah UEFA melakukan investigasi terhadap kecurigaan pengaturan skor di dua pertandingan Porto pada musim 2003/04. Artikel 1 Liga Champions menyebutkan larangan bermain bagi klub yang terbukti melakukan aktivitas yang dapat memengaruhi hasil di kancah nasional maupun internasional. Dengan demikian, The Dragons pun akan mendapatkan ganjaran larangan main di Eropa.

Kini soal masuknya Milan ke Liga Champions tinggal menunggu keputusan dari UEFA. Jika masuk menggantikan Porto, pasukan Carlo Ancelotti itu bisa jadi bertanding mulai putaran ketiga. Porto sebetulnya langsung masuk ke penyisihan grup, tapi UEFA bisa saja memberikan kesempatan itu kepada klub peringkat ketiga di Italia, yakni Juventus. Namun, jika menggantikan CSKA, Milan harus berlaga mulai putaran kedua. Dengan demikian, Italia akan mengirimkan lima wakilnya di liga paling bergengsi di Eropa tersebut menyusul Inter Milan, AS Roma, Juventus, dan Fiorentina.

I Rossoneri terlempar dari kualifikasi Liga Champions karena gagal menembus peringkat keempat Liga Serie-A dan hanya menempati peringkat kelima. Posisi ini hanya memberi il Diavolo kesempatan bermain di Piala UEFA. Inilah prestasi terburuk Milan dalam enam tahun terakhir karena selama itu mereka selalu menembus perempat final dan bahkan juara pada 2007. (thx)

No comments:

Post a Comment