16 March 2008

Ronaldo Bawa MU Puncaki Klasmen

[Minggu, 16 Maret 2008 03:02, BIANGBOLA]

Manchester United berhasil memuncaki klasemen sementara Liga Premier menggusur Arsenal setelah gol semata wayang gelandang sayap Cristiano Ronaldo membawa mereka menang tipis 1-0 atas tuan rumah Derby County di Stadion Pride Park, Sabtu (15/3). Tambahan tiga angka ini membuat MU mengumpulkan 67 angka, unggul satu poin dari Arsenal yang baru akan bertanding beberapa jam mendatang melawan Middlesbrough. Selain itu, MU sendiri masih unggul satu pertandingan dibandingkan Arsenal saat menghadapi Bolton Wanderers Kamis (20/3) nanti.

Bagi Derby kekalahan ini membuat mereka semakin terpuruk di dasar klasemen karena baru mengemas 10 poin dan dengan sisa delapan laga lagi akan sangat sulit bagi tim besutan Paul Jewell ini untuk selamat dari jeratan degradasi. Unggul kualitas MU langsung bermain menyerang sejak awal laga dengan dimotori gelandang Ronaldo, Wayne Rooney dan Ryan Giggs. Ketika laga baru berjalan sebelas menit MU hampir saja membuka keunggulan andai saja tendangan Ronaldo yang sudah tidak dapat dihalau kiper Roy Caroll tidak membentur mistar.

Selang beberapa menit kemudian giliran Giggs yang mendapatkan peluang emas ketika sudah lepas dari kawalan pemain belakang Derby, akan tetapi tendangannya masih melambung. Di menit ke-33, Ronaldo kembali mendapat peluang, namun kali ini tendangan pemain berkebangsaan Portugal ini masih mampu ditepis oleh Caroll. Derby yang lebih banyak bertahan juga sesekali mampu membahayakan gawang MU yang kali ini dikawal kiper ketiganya Ben Foster. Tercatat dua peluang emas didapat penyerang Kenny Miller yang masih dapat ditepis Foster.

Di babak kedua MU semakin meningkatkan tempo permainannya dan mendapat beberapa peluang emas seperti yang didapat Ronaldo yang masih mampu digagalkan Caroll, yang merupakan mantan pemain mereka. Kebuntuan MU akhirnya terpecahkan saat laga tersisa 14 menit lagi. Rooney yang lepas dari jebakan off-side dengan cerdik menggirim umpan kepada Ronaldo yang sukses menaklukan Caroll. Di penghujung pertandingan MU hampir saja menggandakan keunggulannya andai saja Caroll tidak tampil gemilang guna mematahkan dua peluang emas Ronaldo.

Posisi MU dan Arsenal sendiri ditempel ketat oleh Chelsea yang mengumpulkan 64 angka setelah berhasil menang tipis 1-0 atas tuan rumah Sunderland berkat gol tunggal kapten John Terry. Turun dengan kekuatan penuh pasukan Avram Grant itu mengawali laga dengan baik karena pertandingan baru berjalan sepuluh menit Terry yang naik membantu serangan mampu merobek jala Sunderland. Sayangnya selepas gol Terry, Chelsea gagal menambah gol meski sebenarnya mereka mampu melahirkan sejumlah peluang emas.

Sementara itu Liverpool melanjutkan penampilan gemilangnya dengan menekuk tamunya Reading 2-1, sekaligus membuat mereka meninggalkan rival sekotanya Everton dalam perburuan tiket ke Liga Champions. The Reds saat ini bercokol di urutan keempat dengan poin 59, unggul tiga poin dari Everton yang belum bertanding. Liverpool sempat dikejutkan oleh gol cepat gelandang Marek Matejovsky melalui tendangan bebas ketika laga baru berjalan lima menit. Namun tim asuhan Rafael Benitez itu bangkit dan menyamakan kedudukan di menit ke-19 lewat gol Javier Mascherano yang meneruskan umpan Ryan Babel. Dan tiga menit setelah turun minum, Liverpool membalikkan kedudukan lewat tandukan Fernando Torres yang menyambut tendangan bebas Steven Gerrard. Kemenangan ini sekaligus yang ketujuh buat Liverpool secara beruntun di semua ajang yang mereka ikuti.

Hasil Lainnya:

Portsmouth 2 (Defoe 11', Reo-Coker 38'-bd)
Villa 0

West Ham 2 (Ashton 39', Sears 81')
Blackburn 1 (Santa Cruz 19')

(Tho)


No comments:

Post a Comment