27 May 2008

Giggs Dipersilahkan Tinggal Selamanya

Manchester - Manchester United termasuk salah satu klub yang kerap menampung para mantan pemainnya, entah untuk jadi pelatih atau jabatan lain. Untuk Ryan Giggs, tawaran serupa pun disodorkan.

Ole Gunnar Solskjaer adalah nama mantan punggawa MU yang kini beralih peran jadi seorang pelatih. Mundur ke belakang, Bryan Robson juga diangkat sebagai pelatih sebelum akhirnya menjadi manajer di klub lain.

Langkah serupa ingin diterapkan oleh Sir Alex Ferguson, manajer MU, untuk Giggs. Fergie ingin Giggs menjalani peran tertentu bila nantinya ia sudah pensiun mengolah si kulit bundar di lapangan hijau.

Meski demikian, tampaknya peran lanjutan di luar lapangan masih akan cukup lama dilakoni Giggs. Walau sudah berusia 34 tahun, Fergie meyakini bahwa pemain asal Wales itu masih sanggup bermain hingga empat tahun ke depan.

"Ryan bisa bermain hingga usia 38 tahun, dan pastinya itu akan ia lakukan di sini. Saya pikir ia akan berada di MU untuk waktu yang lama," ungkap Fergie seperti dilansir oleh Goal.

"Dia sedang mengambil kursus kepelatihan dan kami senang bahwa para mantan pemain kami tetap menjadi bagian dari klub. Seperti juga Solskjaer dan Robson, yang kini menjadi 'Duta Besar' bagi klub," imbuh pria Skotlandia tersebut.

Bila seusai pensiun nanti Giggs tetap bertahan di MU, entah sebagai pelatih atau jabatan lainnya, maka itu sama saja dengan mempersilakan dirinya tinggal selamanya. Giggs sendiri sudah menjadi bagian dari The Red Devils sejak berusia 14 tahun.

Tentang mempertahankan para mantan pemain, Fergie mengakui bahwa ia mengekor hal serupa dari klub-klub besar Eropa lain.

"Model dari skema ini adalah Bayern Munich. Saya sudah sering bilang bahwa eks pemain kami, yang sudah berjasa bagi MU, harus selalu diikutsertakan di masa depan," kata Fergie. "Saya yakin Ryan akan jadi bagian dari itu." (thx)

No comments:

Post a Comment