06 June 2008

Gattuso: Del Piero Pantas Jadi Kapten Italia

Roma - Siapa jadi kapten tim nasional Italia di laga perdana melawan Belanda belum diputuskan. Tapi Gennaro Gattuso menilai Alessandro Del Piero pantas dipercaya sebagai kapten tim Gli Azzurri.

Alessandro Del Piero layak menjadi kapten tim nasional Italia di ajang Euro 2008. Demikian menurut gelandang skuad Azzurri, Gennaro Gattuso, Kamis (5/6) di Baden, Austria.

Alasan yang diajukan Gattuso, Del Piero adalah pemain yang paling banyak tampil (caps) untuk Azzurri dibandingkan pemain lain yang ada di tim asuhan Roberto Donadoni sekarang. Setelah Fabio Cannavaro cedera dan batal main di Euro 2008, posisi kapten dianggap Gattuso sangat pantas disandang Del Piero.

Selama empat tahun terakhir, ban kapten skuad Italia selalu disandang Cannavaro (35) yang memilik caps 116 kali. Namun setelah bek Real Madrid itu cedera engkel dan harus istirahat dua bulan, maka posisi kapten tim masih belum ditentukan bakal diberikan pada siapa oleh Donadoni.

Hingga menjelang laga pertama Italia melawan Belanda di Grup C, Senin (9/6) mendatang, Del Piero adalah pemain dengan torehan caps paling banyak, di bawah Cannavaro, yakni 86 kali. Berikutnya ada kiper Gianluigi Buffon (82). Tapi sejak September tahun lalu ia tidak pernah lagi memperkuat tim nasional Italia besutan Donadoni. Dan untuk laga melawan Belanda nanti, Del Piero juga belum pasti diturunkan sebagai pemain starter.

"Saya rasa buat sekarang ini Del Piero paling pantas jadi kapten karena jumlah caps-nya paling banyak. Jika ia tidak dimainkan, ban kapten bisa dikenakan Buffon. Kami tahu, buat kami Buffon merupakan pemain sangat penting," ujar Gattuso di Baden.

Mengenai pertandingan melawan Belanda nanti, Gattuso menjelaskan, tim Italia tidak boleh merasa terlalu percaya diri berlebihan. "Kami mesti menutup gigi kami dan melupakan fakta bahwa kami adalah juara dunia. Kami berada di grup berat yang ditempati tim kuat, sehingga mesti ekstra hati-hati," papar gelandang asal AC Milan itu. (thx)

No comments:

Post a Comment