10 June 2008

Milan Tak Bisa ke Liga Champions

ZURICH - Harapan AC Milan masuk Liga Champions akhirnya tertunda sampai musim depan. Jatah CSKA Sofia yang dicoret oleh UEFA dipastikan tidak akan diberikan kepada i Rossonerri sebab pemilihan pengganti bukan didasarkan pada ranking klub.

Sangat tidak mungkin jika Milan bermain di Liga Champions musim depan. Peserta tidak ditentukan berdasarkan koefisien (ranking) tertinggi tapi jumlah tim pada setiap negara yang diperkenankan untuk ikut serta," kata juru bicara UEFA, Willian Gaillard.

Isu tentang peluang Milan masuk ke Liga Champions sempat berhembus dalam beberapa hari terakhir semenjak media Italia memberitakan hal tersebut. Milan dicalonkan sebagai pengganti CSKA yang mengalami kesulitan finansial dan gagal mendapatkan lisensi bertanding dari pengelola liga setempat dan federasi sepak bola Bulgaria. Kesempatan il Diavolo makin besar setelah FC Porto ditendang dari kompetisi internasional selama satu tahun ke depan karena terlibat dalam kasus penyuapan wasit.

Dengan pernyataan UEFA itu, Milan harus tetap berlaga di Piala UEFA musim depan karena hanya menduduki peringkat kelima klasemen Liga Serie-A. Italia pun tetap mengirimkan empat wakilnya ke Liga Champions.

UEFA masih belum menentukan siapa yang akan menjadi pengganti CSKA. Karena Bulgaria mendapat satu jatah tiket ke kualifikasi Liga Champions, kesempatan itu kemungkinan akan diterimakan kepada Levski Sofia yang menduduki runner-up Liga A Grupa. Siapa pun yang terpilih dari negara ini akan berlaga mulai putaran kedua Liga Champions.

UEFA juga harus mengambil keputusan soal pengganti FC Porto. Portugal mendapat tiga jatah Liga Champions sehingga peringkat keempat BWINLIGA Portugal, Benfica, berpeluang naik kelas dari Piala UEFA ke Liga Champions. (thx)

No comments:

Post a Comment