12 March 2008

AREMA Paling Profesional

MALANG – 12/03/08. Hingga kemarin, baru delapan klub dari 18 calon kontestan Superliga 2008, yang sudah mendaftar lisensi Manual-K, sebagai syarat mengikuti Superliga. Manual-K adalah lisensi klub professional. Untuk bisa mendaftar lisensi Manual-K tersebut, ada lima syarat yang harus dilalui setiap klub. Yakni sporting, infrastruktur, personil dan administrasi, legalisasi dan financial.

Ke delapan klub tersebut adalah Arema, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Deltras Sidoarjo, Persita Tangerang, Persitara Jakarta Utara, Persijap Jepara, dan Persik Kediri. Ke delapan klub inilah yang dipastikan bisa bermain di Superliga 2008.

Djoko Driyono, Direktur BLI ketika dikonfirmasi Malang Post membenarkan delapan klub tersebut dipastikan sebagai kontestan Superliga. ‘’Klub-klub ini (delapan klub, Red.) dianggap mampu melewati lima tahapan Manual-K, yang kemudian diakumulasi menjadi nilai-nilai,’’ ujar Djoko Driyono, kemarin.

Menariknya, dari delapan klub tersebut Arema berada di peringkat pertama. Bisa dikatakan pula, hingga saat ini Arema adalah tim yang paling professional.
Nilai persentasenya mencapai 63,30 persen. Kemudian disusul Sriwijaya FC 58,13 persen, Persija 56,57 persen, Deltras 55.54 persen, Persita 54,11 persen, Persitara 50,23 persen, Persijap 50,05 persen dan Persik 49,93 persen.

Djoko menyebut, Arema dinilai bisa memenuhi lima unsur yang menjadi syarat utama. Sekalipun nilai dari masing-masing unsur tersebut, belum bisa dipublikasikan.

‘’Penilaian ini, kami lakukan sejak Juli 2007. Boleh dibilang, delapan klub itulah yang saat ini sudah berhak tampil di Superliga. Kalaupun Arema mengumpulkan nilai tertinggi, karena secara rata-rata, dari lima unsur itu Arema berada di atas klub-klub yang lain,’’ tegas tokoh bola yang pernah jadi pejabat di Krakatau Steel ini.

Sementara untuk klub-klub lain, BLI memberikan tengat hingga akhir April untuk menyerahkan laporan. Utamanya terhadap 10 klub yang belum mendapatkan Manual-K, dari 18 klub calon kontestan Superliga.

‘’Karena minggu kedua Mei, kami sudah akan mengumumkan tim-tim mana yang mampu memenuhi lima unsur untuk mendapatkan lisensi sebagai klub professional,’’ tandas pria berkacamata ini.

(MPost)

No comments:

Post a Comment